Latest News

Inilah Kelebihan Graphic VGA Intel ! Jangan Minder sama NVidia atau ATI Radeon ! PART 3

Apalah arti sebuah VGA onboard ? Jangan salah, VGA Intel masih bisa dioptimisasi

PART 3

Ini Dia Cara Optimisasi VGA Intel Graphics Onboard

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi 


    VGA Onboard sudah menjadi satu paket dalam laptop pada umumnya. Namun di sisi lain jenis vga onboard sendiri juga berbeda-beda seperti AMD, NVidia dan IntelHD. Setelah udah tau alasan kenapa user IntelHD jangan minder sama NVIDIA / RADEON, yang bisa dilihat di sini : Part 2 .Kali ini saya akan mengulas beberapa tips optimisasi agar performa integrated graphic card satu ini lebih greget(dikit). Walaupun kenyataanya memang pahit, namun masih ada (sedikit) pemanis agar tidak terlalu kecewa, haha.
    Sudah tau kan model IntelHD sendiri yang memang bukan ditujukan untuk gaming ? Walaupun kalo dipaksa memang bisa, tapi ya grafik in-game nya set LOW kadang” :P Coba tips di bawah ini untuk mengoptimalkan performa VGA IntelHD Graphics !
 

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi


1. Set Management Power di Operating System ( POWER SETTINGS )
Hal paling dasar nih buat enhance / optimize performa graphic card intelHD, yap, POWER SETTINGS. Meskipun laptopnya terbarupun, kalau POWER modenya di set(atur) ke power saver, ya sama aja boong :P
Caranya mudah, yaitu : Masuk ke Power Setting / Power Option di Windows, pilih mode yang akan diganti (High Performance / Balanced / Power Saver / Custom). Kali ini saya akan ubah settingan Balanced. Pertama kita set cara CPU mendinginkan diri secara aktif / pasif. Di mana aktif akan membuat kipas CPU akan menyala duluan saat temperatur meningkat kemudian CPU menurunkan speed clocknya (kecepatan). Sedangkan pasif di mana CPU akan menurunkan kecepatannya dulu baru kipas akan menyala. Terserah anda mau aktif atau pasif, haha. Dan kita atur batas maksimal clock speed (kecepatan) CPU kita. Dalam hal ini, saya tidak mengaktifkan 100% max clock speed karena suatu hal, hehe. Lalu pada Intel Graphics Settings, ubah ke High Performance pada Plugged In. Kalau mau batre lebih sedikit boros ya ubah juga yang On Battery ke High Performance :P

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi
VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi


2. Ketahui karakter RAM
Loh emang punya ya karakter ya ? Punya lah, ada yang karakternya lemot ada yang cepat, wkwkw. Maksud saya tentang model / tipe RAM yang sesuai SLOT di laptopnya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui karakter RAM sendiri yaitu CPU-Z. Tipe VGA saya contohnya, masih Revision 2 *ngenes mas. Loh loh kok sizenya gede banget sampe 1700 MB an ? Inget sesuatu dari artikel sebelumnya di part 2 ? Coba baca dulu kalau belum biar tahu kenapa sizenya bisa besar haha. Pada TAB SPD kita dapat mengetahui info detail tentang memory RAM yang terpasang di slot. Pada kasus ini saya memiliki 2 RAM terpasang di slot 1 dan 3. Terlihat jelas clock speed RAM saya yang cuman 667MHz kalo maksimal *ngenes again. RAM juga punya kecepatan loh, hal ini ditandai dengan nama modelnya seperti contoh di atas PC-10700. Ada juga PC-12800 yang clockspeed nya lebih dari PC-10700

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi

3. Mau lebih cepat ? Ubah mode RAM menjadi DUAL CHANNEL !!!
Kinerja RAM yang sendirian(jangan baper) memang tidak bisa dipadankan dengan dua buah RAM. Ibaratkan seorang pekerja yang mengangkat truk semen, dibandingkan dua orang yang mengangkat truk semen. Lebih ringan mana ? Tetep berat sih wkkwkw. Bukan, intinya beban yang ditanggung RAM menjadi lebih ringan dan BANDWITH data untuk memproses lebih lebar dengan mode DUAL CHANNEL yang aktif ketika dua RAM identik dipasang bersamaan, eaaa. Syarat menjadi DUAL CHANNEL cukup mudah, yaitu S-1 Teknik Lele. Eh maaf, Syaratnya yaitu RAM yang dipasang harus identik persis dengan RAM yang terpasang. Namun juga tidak masalah jika dua RAM sama namun beda dengan RAM yang terpasang saat ini. Karena tinggal cabut yang terpasang, lalu tancapkan dua RAM yang sama tadi :P RAM yang identik (kembar/mirip/persis) seperti misal PC-10700 harus dengan PC-10700 atau PC-12800 dengan PC-12800. Merk tidak sama mungkin tidak apa", yang penting clockspeed dan tipe sama. Jika DUAL CHANNEL aktif, maka tampilan CPU-Z seperti itu dan BANDWITH akan lebih besar.
VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi

VGA Intel yang notabene ONBOARD masih bisa dioptimisasi

4 Mau lebih cepat lagi ? Ubah pengaturan INTEL HD Graphics !!!
Kinerja RAM yang sendirian(jangan baper) memang tidak bisa dipadankan dengan dua buah RAM. Ibaratkan seorang pekerja yang mengangkat truk semen, dibandingkan dua orang yang mengangkat truk semen. Lebih ringan mana ? Tetep berat sih wkkwkw. Bukan, intinya beban yang ditanggung RAM menjadi lebih ringan dan BANDWITH data untuk memproses lebih lebar dengan mode DUAL CHANNEL yang aktif ketika dua RAM identik dipasang bersamaan, eaaa. Syarat menjadi DUAL CHANNEL cukup mudah, yaitu S-1 Teknik Lele. Eh maaf, Syaratnya yaitu RAM yang dipasang harus identik persis dengan RAM yang terpasang. Namun juga tidak masalah jika dua RAM sama namun beda dengan RAM yang terpasang saat ini. Karena tinggal cabut yang terpasang, lalu tancapkan dua RAM yang sama tadi :P RAM yang identik (kembar/mirip/persis) seperti misal PC-10700 harus dengan PC-10700 atau PC-12800 dengan PC-12800. Merk tidak sama mungkin tidak apa", yang penting clockspeed dan tipe sama. Jika DUAL CHANNEL aktif, maka tampilan CPU-Z seperti itu dan BANDWITH akan lebih besar.
  #IntelHDGraphics#IntelVGA#OnboardVGA#JanganMinder#Share

2 comments:

M fauzi Algipari said...

maaf sebelum nya sya pemakai vga amd radeon (jgn minder please XD)

gan spek ane core2duo e8400 3.00ghz, ram 1gb ddr3 kingstone 1 keping, vga r7 250 2gb ddr5, main game pes 2017 lancar jaya. pertanyaan nya klo sya upgrade ram jadi dual channel kinerja operasikan jadi makin cepat tpi, apakah pemakaian cpunya makin tambah banyak? misal klo pas ram 1 gb pemakaian cpu saat di windows cuma 3-4% pas sudah di upgrade apakah bertambah jadi lebih besar dari persen di atas???

Faruk Parker said...

Fauzi : Bisa saja, jika penggunaan cpu menjadi besar mungkin dikarenakan program yang dijalankan di background lebih banyak. Tapikalau tidak mungkin ramnya bermasalah, sedikit.

All In One Site Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.