Latest News

Windows XP Berakhir ! Bagaimana Nasib Pengguna WinXP ?

Windows XP sudah tidak didukung. Lalu bagaimana nasib Windows XP ?

Windows XP Berakhir ! Bagaimana Nasib Pengguna WinXP ?

Windows XP, sebuah sistem operasi yang sangat populer. Windows XP sendiri merupakan generasi berikutnya setelah Windows 2000. Selain itu, Windows XP memiliki kompatibilitas yang sangat bagus pada zamannya. Windows XP juga sangat ringan dan cepat, terutama pada masa sekarang di mana komputer dan laptop maupun notebook bisa terbilang memiliki spesifikasi yang melebihi minimal system requirement pada OS Windows XP. Seperti Windows XP hanya butuh 256 Mb RAM untuk beroperasi, namun sekarang mungkin RAM sebesar (atau sekecil) itu mudah dilewati. Bagaimana tidak, notebook teman - teman saya minimal sekarang sudah memakai RAM DDR3 1Gb, malah ada yang sudah 2Gb untuk notebook. Dengan kapasitas mumpuni ini membuat komputer dan laptop zaman sekarang pasti lebih ngebut dalam mengoperasikan Windows XP.

Namun, saat ini Microsoft sendiri telah berhenti untuk mengembangkan dan menyempurnakan sistem operasi Windows XP ini. Hal ini tidak diputuskan sembarangan oleh Microsoft, di bawah ini adalah isi dari kebijakan pemberhentian dukungan untuk Windows XP beserta Microsoft Office 2003 :

Pada tahun 2002, Microsoft memperkenalkan kebijakan Periode Dukungan berdasarkan saran pelanggan agar dukungan untuk produk Microsoft lebih transparan dan terbuka. Sesuai kebijakan ini, produk Microsoft Business dan Pengembangan, termasuk produk Windows dan Office, menerima dukungan minimal 10 tahun (5 tahun Dukungan Utama dan 5 tahun Dukungan Tambahan), pada setiap paket layanan yang didukung.

Windows XP Berakhir ! Bagaimana Nasib Pengguna WinXP ?

Nah, jadi jangan kesal karena Windows XP sudah tidak dapat diteruskan pengembangan oleh developers Microsoft. Hal ini sudah dijelaskan dan sudah menaati peraturan kebijakan yang telah dibuat oleh Microsoft sendiri. Jadi tidak asal-asalan.

Yang Lama Tidak Selalu Lemah

Kemudian, bisa kita ambil suatu potensi yang dimiliki Windows XP jika dilihat dari saat ini. Yaitu efisiensi dan efektifitas. Kedua hal ini memang sangat dibutuhkan, bahkan hampir tidak dapat dipisahkan. Efisiensi pada sistem operasi Windows XP sangat bagus, melalui proses install yang cukup cepat pada komputer dan laptop masa kini yang sudah lebih canggih. Sehingga tenaga yang dibutuhkan lebih efisien, namun hasilnya memuaskan. Dan efektifitas Windows XP sudah terbukti dari cepatnya XP menjalankan program, setelah kita mendouble-klik icon atau shortcut suatu file atau dokumen, maka Windows XP akan segera melakukan atau membuka file yang diinginkan tanpa terlalu banyak efek-eek tidak penting. Dan dari efektifnya Windows XP ketika proses booting atau menghidupkan komputer. Waktu boot Windows XP ini sangat cepat dan hampir setara Windows 8.1 dengan fitur Fast Shutdown.

Bedanya, Windows XP shutdown dengan mematikan semua program dan mematikan semua hardware tanpa menyisakan file untuk lainnya dan komputer mati secara sempurna. Berbeda dengan fast shutdown pada Windows 8 dan Windows 8.1 yang harus menyimpan file tertentu untuk digunakan mempercepat waktu boot saat komputer dihidupkan kembali dan hal ini sedikit sama dengan proses Hibernate. Atau Mungkin Windows 10 akan kembali menggunakan cara seperti Windows XP ? Silahkan lihat artikel saya tentang Windows 10 Akan Datang ? Kemana Windows 9 ?. Mungkin bagi sebagian pengguna, hal inilah yang membuat mereka enggan segera berhijrah menuju Windows yang lebih baru, seperti Vista, Seven, atau Windows 8.1.

Jadul Tidak Selalu Kudet !

Dari segi catatan masa lalu tentang update / hotfix dari Windows XP, setidaknya terdapat 3 Service Pack yang telah dikeluarkan oleh Microsoft. Windows XP juga dibagi menjadi 2, yaitu Home Edition dan Proffesional Edition. Windows XP SP 2 ( SP = Service Pack ) adalah versi Windows XP yang bisa dikatakan paling stabil dan cepat serta efisien yang pernah dibuat Microsoft sampai saat ini. Berbagai program aplikasi berjalan dengan smooth dan lancar pada Windows XP Service Pack 2. Maka dari itu, walaupun Windows XP sendiri adalah Operating System jadul, namun XP tidak kudet dan lebih merakyat :)

All In One Site Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.